Sabtu, 11 Juni 2011

Pencahayaan

Mengontrol Angin dan Cahaya Matahari dengan Aerofins




Fungsi secondary skin tak hanya sebagai pemanis tambahan pada sisi muka/luar bangunan. Lapisan kedua ini juga memiliki fungsi lain, di antaranya sebagai elemen bangunan yang dapat menahan laju radiasi panas matahari dan hembusan angin terhadap bangunan.
Pada bangunan bertingkat dan rumah tinggal, secondary skin dapat dibuat dari berbagai macam bahan bangunan. Bisa dari kayu, plastik, atau logam. Dari sisi desain pun, ragamnya bermacam-macam. Proses pembuatannya pun ada yang dibuat dan didesain khusus, ada yang sudah dalam bentuk panel siap pasang.
Dalam mempercepat proses pembangunan, secondary skin dalam bentuk panel siap pasang tentu lebih praktis. Kita tinggal memesan ukuran dan desain yang sesuai. Ketika bahan secondary skin ini tiba di lokasi, pemasangan pun bisa langsung dilakukan dalam waktu yang singkat.
Secondary skin
Secondary skin menangkal sinar matahari
Aerofoil
Aerofoil bisa digerakkan secara manual atau menggunakan motor.
Salah satu contoh bahan yang tepat sebagai secondary skin ini adalah Aerofins . Aerofins sendiri merupakan sebuah sistem yang memadukan style dan fungsi. Keberadaannya dapat menciptakan tampak eksterior bangunan yang unik sekaligus menjadi pembayang sinar matahari dan memberikan kenyamanan di bagian dalam bangunan. Seperti namanya, panel ini memiliki elemen berbentuk sayap atau sirip (fins ). Sirip ini menciptakan kombinasi antara optimalisasi efektifitas sinar matahari yang masuk dengan tampak bangunan yang futuristik.
Sebagai sebuah panel yang dapat membuat bangunan menjagi bergaya futuristik, Aerofins menawarkan berbagai desain dan sistem. Misalnya dari tipe Aerofoil dan Aerobrise . Tipe ini memiliki profil seperti sayap pesawat (Wing-shaped elliptical ) dan dapat diaplikasikan secara fixed angle dan adjustable angle. Menggunakan sistem ini, tidak hanya gaya futuristik yang diperoleh, tetapi juga tercapainya nilai efisiensi sinar matahari optimal ke dalam bangunan apabila menggunakan sistem adjustable angle dengan motorized atau manual. Sehingga sudut profil dan sinar matahari juga dapat diatur sesuai dengan keinginan.
Tipe lain lagi dari keluarga Aerofin yang bisa dilirik adalah Aeroscreen. Sistem yang juga menggunakan elemen berbentuk sayap pesawat ini mempunyai perforasi pada permukaannya sehingga pada saat posisi tertutup tidak hanya dapat meredam cahaya dari luar. Sistem ini juga memberikan jendela pandang lebih luas ke arah luar bangunan, dengan begitu keberadaannya tidak mengganggu jendela pandang penghuni ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar